3 Alternatif Cara Memasarkan Produk Menggunakan Google AdWords

penjelasan google adwords
Google AdWords merupakan salah satu platform online marketing yang ditawarkan oleh Google. Adwords memberikan fleksibilitas yang sangat tinggi kepada para mitranya yang ingin menggunakan platform marketing mereka. Mitra dapat dengan bebas mendesain jenis dan konten iklan, produk yang akan di iklankan, serta budget yang dialokasikan untuk beriklan yang bebas di tetapkan oleh pengguna.
Tidak dipungkiri, bila Google merupakan search engine yang paling populer dan banyak digunakan di Indonesia. Bila anda memasarkan produk anda di Adwords, google akan menampilkan iklan anda pada halaman pertama pencarian. Dengan begitu, kesempatan iklan anda di lihat yang kemudian terjadi transaksi meningkat. Adwords merupakan platform online marketing yang sangat potensial meningkatkan omset usaha anda.

Cara Kerja Google AdWords

Pada dasarnya, AdWords tidak jauh bebeda dengan proses pencarian google pada umumnya. Google hanya menampilkan iklan yang menurut mereka sesuai dengan apa yang dicari oleh pengguna, yaitu menggunakan pembacaan keyword. Sistem alogaritma google yang semakin canggih dan kompleks memungkinkan google mengidentifikasi apa yang dicari oleh user dan menampilkan iklan yang relevan dengan keyword yang dimasukan.

Sekilas, sistem tersebut memang terkesan merugikan pengguna Adwords karena iklanya tidak akan selalu di tampilkan. Namun sebenarnya, hal itu justru sangat menguntungkan mitra Adwords. Yang pertama, dengan sistem penampilan iklan yang disesuaikan dengan keyword yang dimasukan, maka iklan anda akan ditampilkan pada mereka yang memang memiliki kebutuhan terhadap produk anda.

Misalkan, anda memiliki produk “Pakaian Anak”. Maka iklan anda hanya akan ditampilkan bila ada user yang memasukan keyword “beli pakaian anak-anak”, “toko pakaian anak lucu”, dan keyword sejenis. User yang mencari keyword diatas sudah dapat dipastikan bahwa mereka memiliki kebutuhan pakaian anak dan memiliki keinginan untuk membeli produk pakaian anak.

Dari gambaran diatas, kita bisa melihat bahwa kelebihan dari beriklan Google Adwords adalah iklan kita akan tepat sasaran kepada pangsa pasar potensial yang memang sudah memiliki kebutuhan akan produk yang anda pasarkan. Bahkan, mereka berpotensi besar memiliki keniatan untuk melakukan pembelian. Dengan begitu, maka potensi terjadinya transaksi menjadi tinggi.

3 Alternatif Cara Beriklan

Kelebihan lainya adalah anda tidak perlu mengeluarkan biaya bila prasyarat pembayaran iklan yang anda pasang di Google Adwords tidak terpenuhi. Google menyediakan 3 alternatif kondisi pembayaran iklan yang bisa dengan bebas di pilih dan ditentukan oleh mitra. Berikut 3 alternatif pembiayaan yang bisa anda pilih:

  • Pay per Thousand Impression

Adalah  alternatif  pembiayaan beriklan di Adwords dimana anda hanya dikenakan biaya iklan setiap ada 1.000 user internet yang melihat iklan anda. Alternatif ini akan membuat iklan anda dengan cepat menyebar dan diketahui banyak pasar. Bila anda ingin membangun brand awarness pada pangsa pasar yang luas, maka option ini merupakan pilihan yang tepat.

  • Pay per Click

Merupakan alternatif pembiayaan iklan dimana anda hanya akan dikenakan biaya iklan apabila ada user yang meng-klik iklan anda yang ditampilkan oleh Google Adwords. Anda tidak akan dikenakan biaya apabila user tidak meng-klik/membuka detail iklan anda. Opsi ini akan membuat anda hanya membayar kepada user yang tertarik dengan iklan yang anda tampilkan.

  • Pay per Conversion

Bila anda memilih opsi ini, maka anda hanya akan dikenakan biaya pembayaran apabila tujuan iklan anda sudah terpenuhi. Anda diwajibkan membuat kesepakatan diawal terkait dengan prasyarat tujuan yang ditargetkan misalnya transaksi penjualan, lama waktu kunjungan, pendaftaran member, dsb.

Alternatif ini membuat anda hanya membayar bila tujuan ber-iklan di Google ini sudah tercapai. Itulah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara memasarkan produk menggunakan Google Adwords, semoga menambah ilmu bagi anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares