Cara Promosi Produk Murah Meriah yang Cocok untuk UKM

seorang perempuan bekerja di laptop dengan gembira

Cara promosi produk secara online ada banyak, mulai dari yang gratis hingga berbayar. Pengetahuan itulah yang harus terus dipelajari oleh pemilik UKM agar bisnisnya bisa merambah pasar online. Akan tetapi, masalah bagi UKM biasanya adalah soal anggaran yang terbatas. Untuk itu, cobalah ikut beberapa cara promosi murah meriah yang cocok untuk UKM berikut ini.

Cara Promosi Produk UKM di Internet

1. Jangkauan Organik di Media Sosial

Siapa bilang jangkauan organik di media sosial tidak menjanjikan? Sebenarnya kuncinya adalah menjadikan akun media sosial kamu sebagai kolam untuk memancing para konsumen. Jadi, yang harus kamu lakukan pertama kali adalah membuat akun khusus untuk bisnis, contohnya di Facebook.

Carilah teman yang kiranya memiliki minat dengan produk kamu. Caranya adalah dengan ‘mencuri’ list dari Page tertentu. Terakhir, lakukan promosi sambil berinteraksi dengan teman-temanmu selayaknya akun Facebook personal.

2. Iklan di Media Sosial

Facebook, Instagram dan Twitter sama-sama membuka tempat untuk memasang iklan di platform mereka. Kamu pun harus mengeluarkan sejumlah uang untuk melakukan cara promosi produk yang satu ini.

Namun apabila dibandingkan memasang iklan di koran, radio atau bahkan TV, tentu cara ini jauh lebih murah. Budget yang dibutuhkan untuk menjangkau ribuan orang per hari berkisar antara Rp 25 ribu sampai Rp 50 ribuan saja. Cukup terjangkau, bukan?

3. Aplikasi Chat

Cara terakhir dan juga gratis atau tidak butuh modal banyak adalah dengan memanfaatkan aplikasi chat, contohnya WhatsApp. Kamu pasti punya list kontak yang cukup banyak dari berbagai kalangan, mulai dari teman, konsumen lama atau konsumen baru yang belum sempat closing. Nah, di sini kamu harus memanfaatkan peluang tersebut dengan baik.

Manfaatkan seluruh fitur WhatsApp untuk berpromosi, antara lain dengan membuat Status, membuat Grup khusus konsumen, mengirim Broadcast Message, atau memasang link Click-to-chat yang langsung menuju ke WhatsApp kamu.

Jadi, dalam berpromosi intinya adalah berani dan kreatif. Tidak perlu malu, tetapi juga harus tahu malu (jangan sampai SPAM). Untuk UKM, cara promosi produk di atas dinilai sudah cukup pas dan murah meriah tanpa harus keluar uang sampai jutaan rupiah.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares