Pemanfaatan Pay per Click sebagai Strategi Pemasaran Online

bagan kerja pay per click PPC
Pay per Click merupakan penyebutan lain dari google adwords atau salah satu layanan iklan yang disediakan google. Bagi yang masih asing dengan ppc, Anda bisa melihatnya dari hasil pencarian di internet. Apabila ada artikel yang ditandai ads, otomatis artikel itu disertai dengan google adwords.
Secara sederhananya, ppc merupakan sebuah layanan iklan yang dibayar setiap kali orang-orang melakukan klik pada laman iklan tersebut. Ppc ini secara tidak langsung akan meningkatkan jumlah atau trafik konsumen ke website Anda, baik itu yang membeli atau sekadar mencari informasinya saja.

Pay per Click bukan hanya diterapkan dalam mesin pencari google, namun juga Anda bisa menemuinya dari beberapa media, seperti iklan di sosial media. Ada juga remarketing yang didapuk bisa meningkatkan penjualan produk serta jasa di internet. Bentuk berikutnya dari ppc adalah display advertising yang diklaim memiliki target pasar lebih luas dan lebih jitu dibandingkan ppc yang lain.

Pemanfaatan Pemasaran Melalui Search Advertising

Tidak semua orang menggunakan internet marketing ppc dalam setiap penjualan produk dan jasanya. Adapun orang-orang yang memanfaatkan ppc pastinya memiliki beberapa alasan. Bisa dibilang alasan pertamanya ialah mendapatkan target konsumen yang lebih tepat. Anda bisa saja menerapkan ppc dengan ragam pertimbangan, seperti domestik, hobi, dan juga perangkat yang digunakan konsumen.

Kedua, alasan dari dibentuknya Pay per Click dalam berbisnis online adalah budget bisa lebih dikontrol karena dari awal Anda sudah menyepakati berapa biaya yang akan dikeluarkan. Jika pun nanti di tengah-tengah penggunaan dirasa memberatkan, Anda bisa mengedit budget untuk tetap menggunakan ppc.

Ketiga, alasan kuat kenapa menggunakan ppc itu menguntungkan untuk berbisnis adalah return on investment atau ROI yang lebih besar. Bukan hanya hemat karena Anda akan dikenakan biaya kalau ada yang mengklik saja, tapi juga ppc ini menyasar konsumen yang lebih spesifik dan sudah pasti butuh.

Disandingkan dengan SEO, Pay per Click memiliki peranan yang sangat ampuh untuk membuat tampilan website di awal halaman. Kombinasi keduanya membuat pemasaran melalui media internet menjadi lebih efektif dan tepat sasaran karena menggunakan ragam prinsip yang menguntungkan perusahaan.

Pemanfaatan Pemasaran Melalui Social Advertising

PPC bisa dilakukan dengan dua strategi, diantaranya search advertising dan social advertising. Search advertising ini yang kerap dikenal sebagai google adwords atau google ads. Konon, dibandingkan dengan social advertising, search advertising ini lebih efektif jika digunakan oleh para pemula dalam berbisnis.

Secara spesifik, ads atau iklan yang akan sering muncul dari metode Pay per Click adalah bergantung pada ranking website yang disemati ppc itu sendiri. Ada dua ranking utama yang membentuk search advertising, yakni CPC bid atau semakin besar budget maka semakin baik juga yang didapatkan. Kedua quality score yang merupakan click-through-rate, relevansi, dan kualitas landing page akun Anda.

Kedua, contoh ppc lainnya adalah social advertising yang tidak lain sistem iklannya melekat pada sosial media, seperti twitter, instagram, dan facebook. Semakin banyak teman di facebook maka akan semakin besar pula potensi Anda untuk mendapatkan peningkatan untuk berbagai bisnis yang sedang dijalankan.

Masing-masing sosial media, seperti facebook dan twitter memiliki layanan iklan sendiri seperti facebook ads atau twitter ads. Jika memiliki pengikut dalam jumlah banyak dan Anda cukup interaktif di sosial media, bisa menggunakan social advertising ini sebagai metode Pay per Click untuk perusahaan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *