Perbedaan Target Konsumen Antara Pemasaran Online dan Offline

Bekerja dengan laptop
Target konsumen adalah konsumen yang ditargetkan untuk membeli produk yang dipasarkan oleh sebuah perusahaan. Target penjualan atau konsumen ini juga sering disebut sebagai target pasar. Menentukan target dalam melakukan marketing atau pemasaran menjadi hal yang sangat penting. Hal ini membuat langkah seorang marketing lebih jelas kemana harus memasarkan produknya.
Target penjualan online adalah bentuk pemasaran secara online dimana sasarannya adalah pengguna media sosial. Pemasaran secara online tidak mempertemukan pedagang dan konsumen secara langsung. Pedagang memasarkan produk berupa gambar dan keterangan produk secara detail, serta konsumen bisa melihat kelebihan dan kekurangan produk dari keterangan yang sudah dicantumkan.

Target konsumen offline adalah bentuk pemasaran secara offline dimana pedagang dan konsumen bisa bertemu secara langsung. Dengan sasarannya adalah konsumen langsung. Konsumen bisa melihat secara langsung produk yang ditawarkan. Sehingga proses transaksi penjualan dilakukan secara nyata dengan mengetahui produk secara langsung baik melihat maupun menyentuhnya.

Perbedaan Jangkauan Pemasaran

Target pasar yang dituju untuk memasarkan produk secara offline adalah toko-toko real yang benar-benar ada secara fisik. Pemasaran offline menjangkau toko-toko yang siap menjual produk secara langsung. Sehingga produk harus dibawa dan didisplay di toko yang telah menjalin kerjasama. Hal ini tentu akan membutuhkan biaya pemasaran.

Sedangkan jangkauan bagi pemilik bisnis online adalah dengan menggunakan digital marketing atau internet marketing, dengan sasaran para pengguna sosial media. Promosi menggunakan sosial media tentu lebih hemat waktu, tenaga dan menekan biaya. Dalam hitungan menit ada ribuan orang yang mengakses sosial media, sehingga pemasaran lebih menjangkau banyak orang.

Perbedaan Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran bagi para marketing offline adalah dengan membagikan brosur, memasang spanduk, baliho yang terpasang di pinggir-pinggir jalan raya ataupun toko tempat menjual produk tersebut. Membagikan brosur secara langsung dengan harapan agar target konsumen, bisa mengetahui keberadaan produk yang dipasarkan dan berminat membeli produk tersebut secara langsung.

Sedangkan strategi pemasaran marketing online adalah dengan menggunakan digital marketing berbasis SEO dan menggunakan sosial media, sebagai tempat utama memasarkan produk. SEO membantu produk mudah ditemukan oleh para pengguna internet. Pemasaran secara online membantu menekan biaya tenaga kerja, biaya cetak spanduk dan tentunya lebih hemat waktu.

Pengalaman Konsumen Yang Berbeda

Costumer experience atau pengalaman konsumen tentu sangat penting dalam pemasaran. Biasanya dalam pemasaran offline, konsumen akan merasakan langsung manfaat produk yang dijual dan jika mereka merasa puas akan membantu memasarkan dengan cara dari mulut ke mulut. Sehingga meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap toko tersebut dan akan menjadi pelanggan.

Target konsumen pemasaran online dalam hal pengalaman konsumen berbeda dengan pemasaran offline. Konsumen online akan melakukan review setelah membeli produk. Jika puas mereka akan memberikan review positif dan jika tidak puas mereka akan memberikan review negatif. Review dari konsumen sangat penting bagi bisnis online, karena akan mempengaruhi konsumen berikutnya.

Cara Pengenalan Brand

Target pasar offline dalam mengenalkan brand perusahaan adalah dengan melakukan promosi langsung ke toko-toko. Mempromosikan produk mereka agar dikenal konsumen dan terkadang perlu untuk memberikan tester, supaya konsumen bisa mencoba secara langsung produk mereka. Dengan begitu, konsumen akan tertarik membeli produk karena sudah mencobanya secara langsung.

Cara pengenalan brand dalam digital marketing berbeda dengan pemasaran offline. Menggunakan harga yang kompetitif dan marketplace. Marketplace merupakan website atau aplikasi online yang memberikan fasilitas kegiatan jual beli dari berbagai jenis toko online. Sehingga dapat dipahami banyaknya perbedaan target konsumen antara pemasaran online dan offline.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com