Perlukah Meminjam Modal Usaha Untuk Bisnis Online?

menghitung uang
Modal usaha untuk bisnis online bisa didapatkan dari mana saja. Bisa berasal dari diri sendiri, keluarga, teman, atau bahkan hasil pinjaman. Untuk yang terakhir rasanya agak riskan ya, modal bisnis dengan uang hasil pinjaman. Tentunya, kalau bisnis tidak berjalan lancar akan membuat Anda terlilit hutang dan bisa berakhir dengan jatuh miskin.
Maka jangan sampai hal demikian yang terjadi, berniat untuk mendapat untung malah buntung. Meminjam uang sebagai modal bisnis online memang berisiko. Selalu ada ketidakpastian yang membayangi sehingga kemungkinan tidak bisa membayar cicilan pinjaman menghantui. Namun, bukan berarti meminjam modal tidak boleh dilakukan. Malah ini adalah salah satu cara untuk mempertahankan bisnis.

Setiap pelaku bisnis pastinya ingin bisnisnya semakin berkembang dan bertahan lama. Oleh karena itu, modal usaha selalu dibutuhkan agar bisa menjalankan bisnis secara berkesinambungan. Nah, ketika Anda tidak mampu mencukupi modal usaha dengan keuangan pribadi, meminjam menjadi salah satu alternatif yang bisa dipilih untuk mencukupi modal.

4 Alasan Meminjam Modal Usaha Bisnis Online

Meski sekarang Anda menjalankan bisnis dengan modal sendiri, ada kalanya dibutuhkan modal tambahan yang berasal dari pinjaman modal usaha. Ada berbagai alasan yang mendasari seorang pebisnis mengajukan pinjaman modal usaha untuk bisnis online-nya, mulai dari perluasan bisnis hingga pembelian peralatan tertentu. Berikut beberapa alasan pebisnis meminjam modal usaha:

  • Perluasan bisnis

Jika rencana perluasan bisnis sudah ada di kepala Anda, maka sudah saatnya untuk memikirkan modal tambahan, karena perluasan bisnis membutuhkan modal yang tidak sedikit.

  • Mengisi inventaris

Permintaan pasar yang semakin tinggi karena pelanggan antusias datang ke toko online Anda, mengharuskan inventaris produk harus selalu diisi. Penambahan produk baru juga stok yang lebih banyak sangat diperlukan. Jika modal yang sebelumnya tidak cukup, maka meminjam modal adalah solusi terbaik.

  • Menjaga arus kas

Arus kas  sebagai modal usaha untuk bisnis online harus bisa bertahan agar bisnis tidak goyah. Arus kas biasanya akan mengalami masalah jika barang belum laku terjual. Modal tertahan di barang dan akibatnya tidak ada uang tunai di dalam kas. Untuk menjaga agar kas tetap stabil, pinjaman perlu dilakukan.

  • Pembelian alat dan persiapan

Sebuah bisnis tentunya memerlukan peralatan, ketika tidak ada kas untuk membeli peralatan sedangkan alat tersebut harus segera Anda. Maka, Anda memerlukan bantuan modal. Pinjaman yang dilakukan juga bisa digunakan sebagai dana persiapan ketika hal-hal tidak diinginkan terjadi.

Sumber-Sumber Pinjaman Dana untuk Modal Usaha

Pinjaman dana untuk modal usaha sekarang ini sangat mudah didapatkan. Sudah banyak lembaga keuangan yang menawarkan layanan pinjaman dana untuk modal usaha. Biasanya bunga yang ditetapkan tidak terlalu tinggi dengan suku bunga tetap sehingga tidak menjerat pelaku usaha. Pinjamlah dana melalui lembaga pemberi pinjaman modal usaha yang legal.

Proses peminjaman di lembaga keuangan legal seperti bank, koperasi simpan-pinjam, atau lembaga lainnya, memang agak lama dan memerlukan agunan. Namun, lebih baik menunggu beberapa hari daripada harus terjerat pada rentenir yang mengharuskan Anda membayar pinjaman dengan bunga besar. Apabila terjerat pada rentenir dijamin usia bisnis online Anda tidak akan panjang.

Kesimpulannya, meminjam modal usaha bisa dilakukan jika Anda memang betul-betul memerlukannya. Pastikan peruntukan modal sebelum meminjam dan setelah menerima pinjamanan, dana tersebut tidak boleh diselewengkan. Dana yang dipinjam harus benar-benar dipakai untuk modal usaha. Demikian informasi mengenai pertimbangan sebelum meminjam modal usaha untuk bisnis online, semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares