Segmentasi Pasar Bisnis Online yang Menentukan Keberhasilan Anda

berbagai segmentasi pasar

Segmentasi pasar bisnis online dengan segmentasi pasar bisnis konvensional sebenarnya tidak jauh berbeda, sama-sama mengklasifikasikan bisnis ke ruang lingkup yang jauh lebih spesifik. Tujuan dari pembentukan segmentasi pasar ini supaya detail penjualan mencapai target yang diinginkan. Semakin detail target pasar yang disasar maka akan semakin mudah pula sebuah produk diperjualbelikan.

Setiap konsumen memiliki karakteristik tertentu dan kebutuhan khusus terhadap suatu barang. Hal ini yang kemudian tidak hanya dimanfaatkan oleh pelaku bisnis kecil, namun juga oleh para pelaku bisnis besar. Adanya pembacaan terhadap segmentasi pasar ini membuat proses pemasaran jauh lebih efektif dan efisien. Kemungkinan produk terjual pun lebih besar, karena konsumen yang disasar adalah yang membutuhkan.

Sebagian Anda mungkin bingung apa itu segmentasi pasar bisnis online dan apa tujuan dari dijalankannya segmentasi pasar saat melakoni bisnis. Untuk itu, dalam pembahasan di bawah ini kita akan mencari tahu apa saja jenis segmentasi pasar untuk bisnis konvensional maupun bisnis online. Kemudian kita juga akan diajak untuk mencari tahu apa sebenarnya tujuan dari penetapan segmentasi pasar tersebut.

Jenis-jenis Segmentasi Pasar Online

Segmentasi pasar yang pertama adalah didasarkan pada perilaku, di mana penentuan ini akan kita ilustrasikan dengan promosi kuas make up. Jika Anda menjual kuas make up di tempat alat-alat make up maka saingan Anda sudah terlalu banyak. Lain hal jika Anda memasukkan segmentasi pasar untuk kuas make up di produk make up itu sendiri. Niscaya dengan fungsinya, produk akan lebih laku terjual.

Selanjutnya ada segmentasi pasar bisnis online yang menekankan aspek psikilogi atau disebut sebagai segmentasi psikografis. Untuk jenis bisnis yang satu ini fokusnya kepada hobi atau kebiasaan konsumen. Tidak mungkin Anda menjual bola basket di kalangan pemusik, sebab bola basket akan lebih menjanjikan terjual laku jika Anda melakukan promosi di kalangan atlet yang khusus bermain bola basket.

Berikutnya segmentasi pasar yang dikaitkan dengan karakteristik seseorang, seperti kaitannya dengan profesi. Anda bisa mudah menjual alat-alat kesehatan jika melakukan jual beli alat medis di kalangan suster, dokter, bidan, dan apoteker. Lain hal jika Anda menjual alat masak, maka segmentasinya di kalangan koki, waitress, ibu rumah tangga, dan sejenisnya. Semua disesuaikan dengan profesi orangnya.

Tujuan Adanya Segmentasi Pasar

Dari berbagai penentuan segmentasi pasar bisnis online di atas sebenarnya secara kasar sudah bisa ditarik kesimpulan apa tujuan dari kelas-kelas pasar tersebut. Namun, untuk memperjelas, jadi tujuan pertama adanya segmentasi adalah sebagai tolak ukur supaya pemasaran lebih mudah dilakukan. Keuntungan untuk konsumen bisa mudah mendapatkan barang dan penjual bisa mudah menjual barang.

Tujuan kedua dari segmentasi pasar adalah memberikan pelayanan jauh lebih baik, karena baik penjual maupun pembeli sama-sama detail mengetahui barang. Penjual yang khusus menjual alat olahraga akan lebih mudah berkomunikasi dengan konsumen daripada penjual yang salah satunya menjual alat olahraga. Konsumen juga bisa lebih percaya karena dari awal toko sudah dilabeli sebagai toko perlengkapan olahraga.

Berikutnya, tujuan dari adanya segmentasi pasar adalah lebih terarahnya strategi pemasaran yang dijalankan para marketing. Dengan lebih terarah dan tahu siapa konsumen yang dituju, niscaya proses penjualan sampai dengan deal-nya barang akan jauh lebih mudah. Sebab di sini penjual tidak mengira-ngira apakah konsumen membutuhkan produknya atau tidak. Hal yang dibutuhkan hanyalah skill untuk masuk ke segmentasi pasar bisnis online.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *