Tips Internet Marketing Lewat Media Sosial Sukses Berjualan

Media sosial menjadi salah satu sarana pemasaran online yang selama ini dipercaya bisa mendatangkan banyak keuntungan. Padahal, pada praktiknya melakukan internet marketing lewat media sosial tidak semudah itu. Banyak orang yang menyerah melakukannya karena tak kunjung mendapat hasil positif. Untuk itu, kali ini kita akan membahas tips internet marketing lewat media sosial, lebih spesifik menggunakan Facebook, Twitter dan Instagram.

Tips Internet Marketing di Facebook, Twitter dan Instagram

1. Facebook

Kebanyakan internet marketer pemula pasti memilih Facebook sebagai sarana pemasaran karena memiliki target pasar yang sangat besar. Memang benar, namun karena volume yang begitu besar Facebook ternyata juga memiliki filter yang ketat, lho.

Umumnya interaksi pengikut di Halaman Facebook kita kurang dari 1 persen. Tak heran jika social media marketer di Facebook lebih mengandalkan iklan ketimbang secara organik. Nah, tips internet marketing di Facebook disarankan agar menurunkan frekuensi konten, tetapi lebih meningkatkan kualitasnya. Apalagi di Facebook tersedia banyak pilihan konten, mulai dari teks saja, gambar, video, dan link.

2. Twitter

Kalau target pasar kamu adalah usia muda, maka gunakanlah Twitter. Statistik menunjukkan bahwa pengguna Twitter kebanyakan adalah dalam rentang 18-35 tahun. Tetapi makin lama golongan usia semakin merata.

Perlu kamu pahami bahwa pengguna Twitter kebanyakan lebih tertarik dengan konten-konten yang singkat dan bersifat santai. Ditambah lagi interaksi follower di Twitter terbilang lebih tinggi ketimbang Facebook. Jadi, marketer di Twitter disarankan lebih meningkatkan frekuensi konten. Akan tetapi, pastikan apakah kiranya produk kamu cocok untuk dipromosikan dengan hanya 140 karakter saja?

3. Instagram

Produk yang kamu jual bisa disajikan dalam bentuk foto maupun video yang lebih menarik lewat Instagram. Kalau kamu tidak bisa menyajikan visual yang menarik, maka tidak disarankan menggunakan Instagram sebagai media marketing.

Instagram akan lebih mudah dikelola bersama Facebook dan Twitter. Ini karena konten Instagram yang berupa foto dan video bisa diunggah kembali di dua media sosial lainnya. Di sisi lain, tingkat interaksi follower di Instagram juga tergolong sangat tinggi.

Apakah tips internet marketing di atas sudah cukup menginspirasi kamu? Kira-kira media sosial mana yang akan kamu gunakan untuk menjual produk? Kalau mau cari aman, gunakan ketiganya sekaligus. Tetapi kamu juga bisa memilih salah satu saja yang kiranya paling efektif.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares